MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Dibuat untuk memenuhi tugas
Teknologi Pembelajaran Matematika semester IV
Dosen Pengampu: Dra. MM Endang Susetyawati, M.Pd
Disusun Oleh:
FRENDY TRY ANDYASMOKO
NIM: 08144100041

PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2009/2010

A. PENDAHULUAN
1. Pengertian Pembeajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling mencerdaskan, dalam menyelesaikan masalah, tugas yang
bekerja dalam suatu tim untuk mencapai tujuan bersama.

2. Tujuan Pembelajaran Kooperatif
a) Menghargai anggota kelompok dari kemampuan yang heterogen untuk bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b) Adanya tanggung jawab individu menjadikan setiap anggota siap menghadapi tes dan tugas lain secara mandiri.
c) Setiap anggota kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk menguasai materi pelajaran dan mendapatkan penghargaan dari kemampuan yang diperolehnya.

3. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa cirri, diantaranya:
a) Struktur tugas mengacu pada cara pembelajaran dan jenis kegiatan yang berupa tugas kognitif siswa dan social yang dilakukan siswa dalam kelas.
b) Struktur tujuan, guru mendorong siswa bekerja sama pada suatu tugas bersama.
c) Struktur penghargaan, upaya individu untuk mendapatkan penghargaan.

4. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Fase Indikator Kegiatan Guru
Fase 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengkomunikasikan kompetensi dasar yang akan di capai serta memotivasi siswa.

Fase 2 Mengorientasikan siswa pada massalah. Guru mengajukan masalah yang ada di buku paket maupun LKS dan meminta siswa mempelajari masalah tersebut.

Fase 3 Mengorganisir siswa untuk belajar. Guru mengorganosasikan siswa kedalam kelompok terdiri dari 4-5 orang dan meminta siswa mengemukakan ide kelompoknya
sendiri tentang cara menyelesaikan masalah yang akan didiskusikan.

Fase 4 Membantu siswa memecahkan masalah. Guru membimbing / mendorong siswa agar bekerja dan belajar dalam kelompok dan memfasilitasi kerja siswa dalam
menyelesaikan materi pembelajaran dalam pembelajaran materi kelompok.
Fase 5 Mengembangkan dan menyajikan hasil diskusi. Membimbing / mengamati siswa dalam menyimpulkan hasil pemecahan masalah yang didiskusikan dan mendorong siswa
menyajikan hasil diskusi dan membimibing bila menemui kesulitan.

Fase 6 Menganalisa dan mengevaluais proses diskusi. Guru membantu siswa mengkaji ulang proses/hasil diskusi dan mengevaluasi hasil belajar tentang materi pembelajaran.

Fase 7 Memberikan penghargaan. Guru memberikan penghargaan hasil belajar dalam kelompok.

B. MACAM-MACAM TIPE PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Pendekatan Unsur STAD JIGSAW Kelompok Penyelidikan Pendidikan Struktur
Tujuan Kognitif Informasi akademik sederhana. Informasi akademik sederhana. Informasi akademik tingkat tinggi dan ketrampilan inquiri. Informasi akademik sederhana
Tujuan Sosial Kerja sama dalam kelompok. Kerja sama dalam kelompok Kerja sama dalam kelompok kompleks. Ketrampilan kelompok dan sosial
Struktur Sosial Kelompok heterogen dengan 4-5 orang. Kelompok heterogen dengan 5-6 orang dan menggunakan kelompok asal dan kelompok asli
Kelompok heterogen dengan 5-6 orang Kelompok eterogen dengan 4-6 orang
Pemilihan Topik
Oleh guru Oleh guru Oleh siswa Oleh guru
Tugas Utama Menggunakan LKS dan saling membantu unutuk menuntaskan materi. Mempelajari materi dalam kelompok ahli dan membantu kelompok asal mempelajari materi. Menyelesaikan inquiri kompleks. Mengerjakan tugas yang diberikan baik social maupun kognitif.
Penilaian Tes mingguan, jenis tes biasanya berupa kuis. Bervariasi. Misal: Tesmingguan, jenis tes
biasanya berupa kuis. Menyelesaikan priyek dan menulis laporan.

Bervariasi.

C. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Materi menyatakan suatu Himpunan

Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/II
Aspek : Himpunan
Materi Pokok : Menyatakan Suatu Himpunan
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
A. Standar Kompetensi : Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar Indikator
Memahami pengertian, dan notasi himpunan, serta penyajiannya.  Mengenal pengertian himpunan
 Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanga.
 Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya.

B. Materi Pembelajaran: Menyatakan suatu Himpunan
1. Menyatakan suatu himpunan dengan kata-kata
2. Menyatakan suatu himpunan dengan Notasi pembentuk himpunan
3. Menyatakan suatu Himpunan dengan Mendaftar anggota-anggotanya

C. Kelengkapan:
1. LKS
2. Buku paket
3. Referensi lain

D. Metode : Ceramah, Tanya jawab, diskusi, dan penugasan.

E. Tujuan Pembelajaran:
1. Siswa dapat membedakan kumpulan objek yang merupakan himpunan dan bukan himpunan.
2. Siswa diharapkan dapat menyatakan himpunan dengan berbagai cara.
3. Siswa diharapkan dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya.
4. Siswa diharapkan dapat menyatakan banyak anggota himpunan.