MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF

Dibuat untuk memenuhi tugas
Teknologi Pembelajaran Matematika semester IV
Dosen Pengampu: Dra. MM Endang Susetyawati, M.Pd
Disusun Oleh:
FRENDY TRY ANDYASMOKO
NIM: 08144100041

 

PROGRAM STUDY PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2009/2010

A. PENDAHULUAN
1. Pengertian Pembeajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang secara sadar dan sistematis mengembangkan interaksi yang saling mencerdaskan, dalam menyelesaikan masalah, tugas yang
bekerja dalam suatu tim untuk mencapai tujuan bersama.

2. Tujuan Pembelajaran Kooperatif
a) Menghargai anggota kelompok dari kemampuan yang heterogen untuk bekerja sama dan saling membantu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
b) Adanya tanggung jawab individu menjadikan setiap anggota siap menghadapi tes dan tugas lain secara mandiri.
c) Setiap anggota kelompok mempunyai kesempatan yang sama untuk menguasai materi pelajaran dan mendapatkan penghargaan dari kemampuan yang diperolehnya.

3. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif memiliki beberapa cirri, diantaranya:
a) Struktur tugas mengacu pada cara pembelajaran dan jenis kegiatan yang berupa tugas kognitif siswa dan social yang dilakukan siswa dalam kelas.
b) Struktur tujuan, guru mendorong siswa bekerja sama pada suatu tugas bersama.
c) Struktur penghargaan, upaya individu untuk mendapatkan penghargaan.<Next more…>