Alat peraga SMA
Assalamualaikum wr.wb.
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang alat peraga tetapi disini saya hanya akan menulis cara penggunaan alat peraga
yang benar dan tepat khususnya untuk alat peraga matematika. okey kita langsung aja ketopik penggunaan alat peraga yaitu sebagai berikut :
1. Fungsi/kegunaan: menemukan suatu pola bilangan dengan cara bermain
Aturan permainan:
Pindahkan katak kelompok hitam ke katak kelompok hijau (posisi awal: kedua kelompok dipisahkan oleh sebuah lubang yang terletak di tengah dan masing-masing kelompok berdiri berjajar) dengan aturan :
- Setiap kali melangkah hanya boleh mengangkat satu katak
- Dalam melangkah bila terjadi lompatan hanya boleh diijinkan melompati satu katak berlainan warna, bila tidak ada katak yang dilompati maka katak yang dipegang hanya diijinkan digeser satu langkah.
- Tidak diperbolehkan melangkah mundur
Petunjuk kerja:
Untuk percobaan menggunakan satu pasang katak:
- Langkah pertama misal memegang katak hijau paling depan dengan melangkah satu geseran.
- Gerakkan katak hitam satu langkah melompati katak hijau tadi.
- Kemudian geser katak hijau ke depan.
Untuk percobaan menggunakan lebih dari satu pasang katak :
- Langkah pertama misal memegang katak hijau paling depan dengan melangkah satu geseran.
- Gerakkan katak hitam satu langkah melompati katak hijau yang pertama digerakkan.
- Gerakkan katak hitam berikutnya dengan melangkah satu geseran.
- Kemudian katak hijau yang terdepan terdepan digerakkan melompati katak di depannya, lalu katak hijau berikutnya, demikian seterusnya untuk langkah-langkah berikutnya.
Dari percobaan akan dicari banyaknya langkah untuk memindahkan n pasang katak, di mana banyaknya (total) langkah adalah banyaknya perpindahan minimal.
Banyaknya langkah pemindahan tergantung banyaknya pasang katak dan akan membentuk pola bilangan.
Kunci: Setiap katak yang akan kita gerakkan jangan sampai 2 katak yang satu warna itu terletak berjajar sebelum sampai ke tujuan.
KBM:
Siswa diminta melakukan permainan loncat katak dan mengisi tabel untuk kegiatan berikut:
Percobaan 1
Banyak pasangan katak |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
Banyak loncatan |
|
|
|
|
|
|
|
Banyak geseran (lubang berdekatan) |
|
|
|
|
|
|
|
Total langkah |
|
|
|
|
|
|
|
Dari tabel di atas kemudian dicari rumus menentukan total langkah perpindahan untuk n pasang katak.
Percobaan 2
Banyak pasangan katak hitam |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
… |
a |
Banyak pasangan katak hijau |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
… |
a+1 |
Banyak loncatan |
|
|
|
|
|
|
|
Banyak geseran (lubang berdekatan) |
|
|
|
|
|
|
|
Total langkah |
|
|
|
|
|
|
|
Dari tabel di atas kemudian dicari rumus menentukan total langkah perpindahan jika banyaknya katak hitam = a dan banyaknya katak hijau = a + 1.
anda ingin tahu lagi bagaimana menggunakan alat peraga?
- Klinometer ::Klik disini
- Papan lukis ellips :: Klik disini
- Kuadrat jumlah :: Klik disini
- Menara hanoi :: Klik disini
- Segitiga Ajaib :: Klik disini
GENEOLOGI , KELAHIRAN , PERISTIWA IRHASH DAN KEHIDUPAN SEBELUM DIANGKAT MENJADI NABI – NGOPI (NGObrol Pentingnya Ilmu)
Okt 16, 2018 @ 08:20:02